Sabtu, 19 Februari 2011

DAYA PIKIR DAN DAYA CIPTA ANAK-ANAK

Sebagian besar Orang tua hanya memperhatikan pentingnya nilai akademik dibanding dengan yang lain. Kenyataan di dalam dunia kerja banyak orang yang sukses disebabkan oleh daya pikir dan daya cipta mereka. Daya pikir adalah daya mengkoneksikan / menghubungkan sebab dan akibat. Hal ini ditunjang dengan analisa dan logika. Sedangkan daya Cipta adalah kreatifitas seseorang untuk menciptakan sesuatu.
Banyak kesuksesan yang dapat diraih oleh seorang anak dengan melatih mereka di dalam daya cipta dan daya pikir. Sedangkan orang tua di Indonesia pada umumnya hanya memperhatian terhadap nilai-nilai akademik sekolah mereka. Apakah dengan berkembangnya seorang anak ketika dewasa dapat menjamin bahwa nilai-nilai akademik yang telah mereka peroleh dapat menjadikan mereka menjadi orang yang sukses di dunia kerja mereka?????
Menengok orang tua di negara yang lebih maju seperti Taiwan, Usa dan Israel. Mereka sudah mulai melihat pentingnya daya cipta dan daya kreasi dibanding sekedar nilai akademik. Melalui banyak berbagai macam permainan , mereka melatih daya cipta dan daya pikir anak mereka. Harapan mereka ketika anak mereka dewasa dapat menjadi sukses di dalam dunia pekerjaan.
Bukan berarti nilai akademik tidak penting, tapi hendaklah orang tua lebih bijak melatih dan mempersiapkan anak mereka untuk menghadapi tantangan yang akan datang. Latihlah daya Cipta dan Daya Pikir.